Penyakit Vertigo





MAKALAH
PENYAKIT VERTIGO
D
I
S
U
S
U
N
OLEH

Nurfitri Nurdin
Riska
Syahratul Wilda
Wina Pratiwi Sukman
Kasi
Muh. Ikhlas Sandy Ilyas

SMAN 1 PANGSID
TAHUN AJARAN 2017-2018



KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan izin dan kekuatan kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan MAKALAH ini dengan judul “VERTIGO” tepat pada waktunya.
                  Tugas ini ditujukan untuk memenuhu tugas mata pelajaran PENJAS. Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan kelemahan, dalam isi maupun sistematiknya. Hal ini disebabkan keterbatasan pengetahuan dan wawasan kami. Oleh sebab itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah ini.
Akhir kata yang kami sampaikan, selamat mempergunakan dan mempelajari makalah ini sebaik-baiknya, semoga ada guna dan bermanfaat bagi setiap orang yang mempelajarinya.




Pangkajene, Sidrap 2017

Penyusun     






Daftar isi
Kata pengantar
Daftar isi

BAB I
PENDAHULUAN
·         Latar belakang
·         Rumusan masalah
·         Tujuan yang ingin dicapai

BAB II
PEMBAHASAN
·         Pengertian Vertigo
·         Gejala-gejala penyakit vertigo
·         Faktor penyebab Vertigo
·         Cara mengatasi penyakit Vertigo
·         Cara mengobati penyakit Vertigo secara alami
·         Cara mencegah penyakit Vertigo
·         Pantangan penyakit vertigo

BAB III
PENUTUP
·         Kesimpulan dan saran

Daftar pustaka











BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Penyakit vertigo biasanya dikenal dengan istilah “pusin tujuh keliling” dikarenakan seseoranga sedang mengalami keadaan yang serasa berputar dan lingkungan terasa berputar pula, padahal keadaan tubuh seseorang tersebut tidak bergerak. Penyakit vertigo ini disebabkan oleh gangguan keseimbangan pada perifer. Dan juga penyakit vertigo disebabkan oleh kelainan telinga.
Vertigo berasal dari bahasa Yunani, yaitu vertere berarti memutar. Pengertian dari penyakit ini adalah sebuah penyakit yang mengalami gangguan alat keseimbangan tubuh sehingga tubuh disebabkan adanya sensasi gerakan dan lingkungan sekitar dirasakan bergerak pula. Hal ini juga ada gejala vertigo lainnya yaitu khususnya pada jaringan otonomik. Penyakit vertigo merupakan penyait yang menandai adanya gangguan telinga bagian dalam, yang disebabkan adanya gangguan keseimbangan sehingga seseorang bisa merasa pusing. Para dokter dapat melakukan diagnosis penyakit vertigo ini dengan cara pemeriksaan ENG yaitu elektronistamografi yang dapat menentukan penyebab adanya gejala vertigo.

B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat ditarik beberapa masalah yaitu:
·         Apa yang dimaksud dengan Vertigo?
·         Apa Gejala-gejala penyakit vertigo?
·         Apa faktor penyebab Vertigo?
·         Bagaimana cara mengatasi penyakit Vertigo?
·         Bagaimana cara mengobati penyakit Vertigo secara alami?
·         Bagaimana cara mencegah penyakit Vertigo?
·         Apa saja pantangan penyakit vertigo?

C.    Tujuan yang ingin dicapai
Tujuan yang ingin dicapai adalah:
1.       Mengetahui apa yang dimaksud dengan Vertigo,
2.       Mengetahui gejala-gejala penyakit vertigo,
3.       Mengetahui faktor penyebab Vertigo,
4.       Mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit Vertigo,
5.       Mengetahui bagaimana cara mengobati penyakit Vertigo secara alami,
6.       Mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit Vertigo, dan
7.       Mengetahui apa saja pantangan penyakit vertigo.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Vertigo
Vertigo berasal dari bahasa Yunani “vertere” yang berarti memutar. Vertigo adalah perasaan bergerak atau berputar sementara orang tersebut sebenarnya sedang diam. Vertigo adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan gangguan ilusi gerakan dan bukan merupakan salah satu bentuk migrain. Selama ini banyak orang menyalah artikan vertigo sebagai migrain atau sebaliknya. Penyakit vertigo itu sendiri dibedakan menjadi penyakit vertigo subyektif dan penyakit vertigo obyektif. Vertigo subyektif adalah bila yang terasa berputar adalah diri sendiri. Sedangkan vertigo obyektif adalah bila yang terasa berputar adalah lingkungan sekitarnya.
Adapun vertogo memiliki beberapa jenis yang berbeda gejala di setiap jenisnya, yaitu:
1.    Vertigo Sentral
Jenis vertigo ini terjadi pada otak sentral kita. Biasanya penyakit vertigo yang satu ini terjadi jika sesuatu yang tidak normal pada pusat keseimbangan di otak anda. Sudah banyak penderita vertigo sentral yang tidak menyadari bahwa dirinya telah mengidapnya, karena gejala dari vertigo ini terjadi secara bertahap. Berikut ini yang merupakan gejala dari vertigo sentral:
§  Merasa  sulit untuk menelan makanan
§  Adanya kelumpuhan yang terjadi pada otot-otot wajah anda
§  Mengalami mual-mual dan muntah-muntah
§  Mengalami hilangnya koordinasi
§  Merasakan tubuh yang terasa lemas
§  Penglihatan pada benda yang berubah menjadi berganda
§  Merasakan sakit kepala yang amat parah.
Jenis-jenis penyakit vertigo sentral ini berpusat pada otak. Beberapa gangguan-gangguan pada kesehatan yang berhubungan dengan jenis penyakit vertigo sentral ini antara lain seperti penyakit stroke, multiple sclerosis (gangguan tulang belakang serta otak), tumor, trauma di bagian kepala, sakit kepala sebelah (migren), infeksi, kondisi peradangan, neorodegenerative illnesses.
2.    Vertigo peripheral
Vertigo peripheral ini termasuk salah satu jenis dari penyakkit vertigo yang mungkin dapat dialami oleh sebagian orang dari kita. Pada penderita vertigo peripheral ono biasanya terdapat suatu gangguan yang terjadi pada sistem pendengaran anda, lebih tepatnya lagi adalah pada bagian saluran kanalis semisirkularis. Saluran semisirkularis yang menjadi penyebab dari gangguan tersebut memiliki fungsi untuk mengontrol keseimbangan tubuh anda. Berikut ini adalah beberapa gejala yang dirasakan penderita vertigo peripheral seperti:
§  Merasakan tubuh yang lelah
§  Mulai menurunnya stamina
§  Kehilangan keseimbangan
§  Sulit untuk berkonsentrsi
§  Mual dan muntah
§  Menjadi sensitive terhadap cahaya dan bising suara
§  Pandangan yang menjadi gelap
Penyakit vertigo periferal ini akan menimbulkan gangguan penyakit-penyakit seperti benign parozysmal vertigo atau lebih dikenal dengan gangguan akibat darikesalahan pengiriman pesan. Gangguan seperti ini akan mengakibatkan salah menerima respon terhadap sesuatu. Penyakit meniere (gangguan keseimbangan yang sangat sering menyebabkan hilangnya pendengaran), vestibular neuritis (peradangan pada sel-sel saraf keseimbangan), dan juga labyrinthitis (radang yang terletak di bagian pendengaran). Semua gangguan-gangguan kesehatan tersebut bisa berubah menjadi permanen jika keluhan penyakit tersebut tidak segera dilakukan penyembuhan secara permanen.

3.    Vertigo non-vestibuler
Banyak dari pasien yang mengidap vertigo non-vestibuler ini sulit mendeskripsikan gejala-gejala yang dialaminya. Vertigo non-vestibuler ini terjadi karena disebabkan oleh system regulator keseimbangan, penyebab lain dari penderita vertigonon-vestibuler ini adalah kesalahan yang terjadi pada proses informasi di system saraf pusat. Gejala-gejala yang biasa dikeluhkan oleh penderita vertigo non-vestibuler ini hampir sama dengan vertigo lainnya yaitu merasa pusing, kepala serasa kosong dan mata menjadi gelap.
4.    Vertigo vestibuler
Vertigo vestibuler ini menyerang organ vestibuler atau saraf vertibulokoklear, sehingga penderita vertigo vestibuler akan merasa benda-benda yang ada disekelilingnya menjadi naik turun layaknya sedang naik kapal laut. Gejala-gejala yang mungkin dialami dari penderita penyakit vertigo vestibuler ini hampir tidak ada, hanya saja penderita vertigo vertibuler serasa melihat benda menjadi naik turun.

B.    Gejala-gejala umum penyakit Vertigo
Serangan vertigo yang terjadi secara tiba-tiba menimbulkan rasa tidak nyaman, penderitanya akan merasakan pusing seketika dan tidak melihat semua yang berada di sekelilingnya berputar-putar. Selain itu gejala vertigo juga akan disertai dengan:
§  Sakit di telinga
§  Tinnitus atau telingan berdenging
§  Kehilangan pendengaran
§  Demam tinggi
Apabila sudah mengalami serangan vertigo maka untuk berjalan dengan baik tidak bisa, sebab keseimbangan akan terganggu. Dibutuhkan bantuan orang lain untuk dapat berjalan dengan baik, sebab jika tidak akan terjatuh, karena penyakit vertigo (kepala berputar)akan lebih buruk apabila vertigo berlangsung lama jadi akan menghambat pekerjaan juga.
            Adapun diagnosis dari gejala penyakit vertigo yang harus diketahui antara lain:
1.       Dalam menguji keseimbangan penderita, penderita vertigo dapat diinstruksikan untuk berdiri dan berjalan dalm garis lurus dengan awalnya mata terbuka dilanjutkan dengan mata tertutup
2.       Adanya gerakan mata yang abnormal adalah petunjuk yang terdapat kelainan fungsi pada telinga bagian dalam atau kelainan pada syaraf yang menghubungkannya ke otak. Gerakan mata dari atas ke bawah atau yang cepat dari kiri ke kanan biasa disebut sebagai nistagmus. Hal ini dilakukan karena sangat membantu pn cara meneteskn air dingienentuan diagnosa. Nistagmus juga dapat dirangsang dengan cara melakukan gerakan kepala si penderita penyakit vertigo secara tiba-tiba atau dengan cara meneteskan air dingin ke dalam telinga penderita.
3.       Penderita vertigo akan merasa berputar-putar atau merasa benda-benda yang berada di sekitarnya seperti berputar
4.       Dilakukan pula tes pendengaran yang dapat menentukan adanya kelainan pada telinga sehingga berpengaruh terhadap pendengaran dan keseimbangan
5.       Untuk menentukan telinga atau tulang belakang terkena infeksi, maka dapat mengambil cairan dari sinus
6.       Jika ada dugaan bahwa penurunan aliran darah ke dalam otak maka harus dilakukan pemeriksaan angiogram agar dapat mendeteksi adanya penyumbat pembuluh darah yang mengalir ke otak
7.       Melakukan pemeriksaan dengan CT scan dan MRI kepala yang dapat memberikan petunjuk kelainan tumor dan tulang yang bisa menekan syaraf

C.    Faktor penyebab vertigo
Penyakit vertigomerupakan penyakit yang di sebabkan oleh adanya ganguan syaraf dibagian telinga dalam atau juga bisa gangguan pada bagian otak kecil. Karena gangguan tersebut maka koordinasi syaraf menjadi terganggu dan pada akhirnya akan menyebabkan penyakit vertigo. Namun, ada juga yang bisa memicu terjadinya penyakit vertigo seperti dibawah ini:
§  Anemia (kurang darah) bisa menyebbkan pusing kepala biasa taupun juga bisa menyebabkan vertigo maka dari itu apabila kurang minum, atau kurang asupan makan pembentuk sel darah merah yang mengakibatkan anemia akan menyebabkan penyakit vertigo juga kan menyerang.
§  Stress, yang dapat memicu penyakit vertigo juga akbibat dari stress, tekanan batin atau masalah pada tubuh yang menyebabkan syaraf tubuh memang bisa menyebabkan penyakit vertigo juga. Karena di saat stress berbagai macam gangguan kesehatan bisa dialami, akibat kurang tidur, ataupun pola makan yang terganggu dan tidak heran apabila secara tiba-tiba penyakit vertigo dialami.
§  Perubahan posisi, jika darah pada otak edang berjalan atau mengalir dengan baik lalu secara tiba-tiba terputus atau mengalami hambatan bisa menyebabkan penyakit vertigo akan kambuh atau bisa dialami secara tiba-tiba, dan yang bisa membuat keadaan tersebut dialami yaitu karena perubahan posisi secara tiba-tiba ataupun hal lainnya. Maka dari itu jika ingin mengubah posisi sebaiknya lebih hati-hati dan tidak terburu-buru.
§  Pengaruh obat-obatan kimia juga bisa memicu serangan penyakt vertigo sewaktu waktu sehingga penderita penyakit jantung lebih rentanuntuk menderita vertigo


D.   Cara mengatasi penyakit vertigo
Penyakit vertigo yang dialami oleh siapapun, baik yang hanya sesaat ataupun yang lama akan sangat mengganggu dan juga akan sangat menyisak penderitanya. Maka dari itu apabila menderita penyakit vertigo baiknya segera mengatasinya dengan cepat agar tidak berkelanjutan panjang. Cara mengatasi penyakit vertigo yaitu:
§  Disaat penyakit vertigo baru dialami maka sebaiknya ambil posisi nyaman, karena serangan vertigo tidak menentu waktunya maka posisi aman untuk mengatasi vertigo biasanya dengan posisi duduk atau apabila memungkinkan untuk berbaring bisa juga dilakukan. Yang penting cara mengatasi penyakit vertigo yaitu tetap tenang dan tidak perlu panik
§  Ketika sudah di posisi yang nyaman maka cara mengatasinya bisa dengan mengambil posisi bungkuk atau gerakan seperti rukuk yang dilakukan saat ibadah. Gerakan membungkuk ini akan membantu mengatasi pusing kepala yang berputar pada saat vertigo.
§  Minum air putih atau minum air teh hangat juga cara mengatasi penyekit vertigo yang bisa dilakukan agara rasa pusing kepala bisa segera diatasi dengan baik dan juga dengan cepat
§  Dan cara mengatasi penykit vertigo yaitu bisa dengan beristirahat tidur sebaiknya, agar serangan vertigo tidak lagi kambuh. Dengan beristirahat sejenak akan membantu memulihkan keadaan tubuh dengan lebih baik lagi maka dari itu sangat muda cara mengatasi penyakit vertigo



E.    Cara mengobati penyakit vertigo secara alami
Obat penyakit vertigo secara alami adalah beberapa cara atau tips untuk mengobati sakit vertigo dengan cara dan bahan yang alami. Gejala vertigo adalah akan mengalami muntah muntah, mual-mual dan akan mengalami pusing dan memiliki riwayat penyakit telinga yang berdengung.
Ada juga obat penyakit vertigo secara alami ini.. penyebab vertigo adalah memiliki riwayat penyakit meniere dan juga bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang sedang flu atau pilek. Cara mencegah vertigo ini juga bisa dilakukan dengan beristirahat yang cukup. Vertigo ini bisa dialami oleh siapa saja, tanpa ada batasan usia atau umur sekalipun.
Selain yang tertera diatas, ada beberapa macam obat penyakit vertigo secara alami dan tradisional. Dan berikut obat alami dan tradisionalnya adalah:
§  Dengan menggunakan minyak zaitun
Obat penyakit vertigo secara alami adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Cara menggunakan minyak zaitun ini, untuk mengobati vertigo adalah dengan cara diminum langsung. Pakailah cara ini dengan rutin dan teratur agara penyakit ini dapat segera sembuh dengan cepat. Cara ini paling efektif dan ampuh, untuk mengatasi vertigo tanpa efek samping. Oleh karena itu, anda harus bisa menjagakondisi kesehatan tubuh atau badan dengan benar, agar tidak mudah mengalami vertigo ini, yang intinya vertigo ini bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kematian, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
§  Dengan menggunakan yogurt
Obat penyakit vertigo secara alami adalah dengan menggunakan yogurt. Cara menggunakan yogurt ini untuk mengobati vertigo adalah dengan cara dicampurkan dengan jus strawberry. Pakailah cara ini dengan rutin dan teratur agar penyakit ini dapat segera sembuh dengan cepat. Cara paling efektif dan ampuh untuk mengatasi vertigo tanpa efek samping. Oleh karena itu anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, aar tidak mudah mengalami vertigo ini. Yang intinya, vertigo ini dengan bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kematian apabila tidk diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
§  Dengan menggunakan susu hangat
Obat penyakit vertigo secara alami adalah dengan mengunakan susu hangat. Cara menggunakannya adalah dengan cara dicampurkan dengan bubuk kacang almond. Setelah itu diminum campuran susu hangat ini. Pakailah cara ini dengan rutin dan teratur agar penyakit ini dapat segera sembuh dengan cepat. Cara paling efektif dan ampuh untuk mengatasi vertigo tanpa efek samping. Oleh karena itu anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, aar tidak mudah mengalami vertigo ini. Yang intinya, vertigo ini dengan bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kematian apabila tidk diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
§  Dengan menggunakan bubuk kapulaga
Obat penyakit  vertigo yang lain adalah dengan menggunakan  bubuk kapulaga. Cara menggunakannya adalah dengan cara dicampurkan dengan minyak wijen. Setelah itu balurkan pada jidad atau kening serta kepala sambil memijatnya. Pakailah cara ini dengan rutin dan teratur agar penyakit ini dapat segera sembuh dengan cepat. Cara paling efektif dan ampuh untuk mengatasi vertigo tanpa efek samping. Oleh karena itu anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, aar tidak mudah mengalami vertigo ini. Yang intinya, vertigo ini dengan bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kematian apabila tidk diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
§  Dengan mengguanakan  daun teh
Obat penyakit vertigo secara alami adalah dengan menggunakan daun teh yaitu dengan cara diseduh dan dicampurkan dengan irisan jahe, yang telah dibersihkan. Setelah itu minum campuran ramuan teh ini. Pakailah cara ini dengan rutin dan teratur agar penyakit ini dapat segera sembuh dengan cepat. Cara paling efektif dan ampuh untuk mengatasi vertigo tanpa efek samping. Oleh karena itu anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, aar tidak mudah mengalami vertigo ini. Yang intinya, vertigo ini dengan bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kematian apabila tidk diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat. Daun teh ini juga cocok untuk mengecilkan perut buncit.
§  Dengan menggunakan buah manggis
Obat penyakit ini adalah dengan menggunakan buah manggis yang dimakan langsung. Pakailah cara ini dengan rutin dan teratur agar penyakit ini dapat segera sembuh dengan cepat. Cara paling efektif dan ampuh untuk mengatasi vertigo tanpa efek samping. Oleh karena itu anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, aar tidak mudah mengalami vertigo ini. Yang intinya, vertigo ini dengan bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kematian apabila tidk diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

F.     Cara mencegah penyakit vertigo
Posisi paroksimal jinak adalah kondisi dimana tubuh mengubah posisi terlalu cepat atau secara tiba-tiba karena mengubah posisi secara cepatlah yang akan menyebabkan penyakit vertigo akan dialami. Mengubah posisi seperti apa pun jika dilakukan terlalu cepat bisa menyebabkan penyakit vertigo. Jadi ketika duduk lalu berdiri tiba-tiba bisa meningktakan risiko serangan penyakit vertigo. Begitupun dengan posisi mendongak keatas terlalu lama ataupun menunduk ke bawah terlalu lama setelahnya bisa menyebabkan penyakit vertigo akan kambuh. Jadi hati-hati dalam memposisikan tubuh agar tidak meningkatkan risiko untuk kambuhnya penyakit vertigo yang sangat mengganggu penderitanya.
Adapun cara untuk mencegahnya yaitu:
§  Mengubah posisi secara perlahan-lahan, mencegah penyakit vertigo harus dilakukan agar tidak menyebabkan gangguan pada pendengaran ataupun keseimbangan
§  Olahraga, mencegah penyakit vertigo juga bisa dengan berolahraga secara teratur. Karena dengan berolahraga bisa membuat peredaran darah berjalan dengan baik jadi akan menurunkan risiko untuk menyebabkan penyakit vertigo akan kambuh.
§  Makan makanan yang sehat, tidak hanya dengan olahraga, upaya pencegahnya ialah dengan makan makanan yang sehat yaitu makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh akan lebih baik untuk memelihara kesehatan agar jauh dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit vertigo.
§  Tidak membersihkan telinga sembarangan. Kondisis di dalam telinga banyak syaraf penting, jai perlu dijaga dengan baik agar tidak ada masalah pada syaraf penting tersebut. Caranya dengan menghindari memasuki benda asing, apabila ingin membersihkan telinga sebaiknya di dokter spesialis, cara ini baik untuk mencegah penyakit vertigo agar tidak kambuh.

G.   Pantangan penyakit vertigo
Bagi anda yang memiliki atau menderita penyakit vertigo atau untuk nda yang baru diagnosis penyakit vertigo ada baiknya anda mengurangi atau enghindari makanan seperti dibawah ini:
§  Semua jenis daging kecuali ikan air tawar
§  Masak-masakan yang digoreng seperti ikan asin atau temping
§  Makanan atau masakan yang menggunakan santan kental
§  Nasi yang dicampuri seperti nasi uduk, nasi ulam, nasi kebuli, atau jenis nasi campur lainnya
§  Berbagai macam kue dan selai misalnya kue bolu, martabak, mentega, keju, dan susu
§  Berbagai macam jenis jeroan baik jeroan ayam maupun seroan sapi atau juga jeroan yang lainnya akan lebih baik jika anda menghindarinya
§  Memasak dengan menggunakan bumbu masak kemasan
§  Berbagai macam telur seperti halnya telur asin, telur ayam yang biasa kita konsumsi sehari-hari
§  Buah-buahan yang  tebal kulitnya seperti durian, nangka, jengkol, pete
§  Minuman, seperti es atau minuman yang mengandung alkohol




BAB III
PENUTUP

kesimpulan
Penyakit vertigo biasanya dikenal dengan istilah “pusin tujuh keliling” dikarenakan seseoranga sedang mengalami keadaan yang serasa berputar dan lingkungan terasa berputar pula, padahal keadaan tubuh seseorang tersebut tidak bergerak. Penyakit vertigo ini disebabkan oleh gangguan keseimbangan pada perifer. Dan juga penyakit vertigo disebabkan oleh kelainan telinga.
Penyakit vertigo yang dialami oleh siapapun, baik yang hanya sesaat ataupun yang lama akan sangat mengganggu dan juga akan sangat menyisak penderitanya. Maka dari itu apabila menderita penyakit vertigo baiknya segera mengatasinya dengan cepat agar tidak berkelanjutan panjang.

Saran
Oleh karena itu  kami menyarankan bagi anda  agar harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, aar tidak mudah mengalami vertigo ini. Yang intinya, vertigo ini dengan bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kematian apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.




Daftar pustaka






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Kegiatan "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat"

PROPOSAL PENELITIAN "UPAYA GURU BK DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL BAGI SISWA SMA NEGERI 2 SIDRAP"